Yeptirani Syari

Penulis  : Tami Asyifa
Editor    : Windy Effendy

Tidak hanya K-Pop, band Jepang pun mempunyai tempat tersendiri di hati penggemarnya. Grup idola multinasional pertama yang dibentuk oleh HYBE Labels, Jepang, juga mampu menggaet penggemar fanatik di negeri ini. Group &TEAM—dengan 9 anggota yaitu K, Taki, Nicholas, EJ, Jo, Fuma, Harua, Yuma, dan Maki—mempunyai basis penggemar atau fandom yang bernama LUNÉ, yang berarti bulan dalam Bahasa Prancis. Selain itu, LUNÉ adalah singkatan dari Light Up New Energy atau membawa semangat baru.

Bintang tamu Kenal Lebih Dekat (KLD) kali ini adalah salah satu LUNÉ. Seorang LUNÉ yang suka menulis fiksi dengan genre young adult. Fiksi young adult adalah cerita yang ditujukan untuk para remaja kisaran umur 15-21 tahun. Dalam genre ini, tema cerita yang diangkat pun membahas isu-isu yang lebih berat ketimbang sekadar isu percintaan monyet atau persahabatan.

Tentang Yeptirani Syari


Ibu dari Abang Zimam dan Keita nii-chan (alm) ini mempunyai nama lengkap Yeptirani Syari. Ia biasa disapa Syari, atau Danda, yang berasal dari kata Bunda. Alumni magister Akuntansi ini mempunyai aktivitas sebagai ASN, penulis, dan anggota aktif Ibu Profesional. Saat ini, Syari tinggal di Depok, Jawa Barat.

Meski sudah memiliki banyak kegiatan rutin, ia masih punya waktu menjalankan hobinya. Selain nonton drama, ia juga suka mendengarkan lagu-lagu &TEAM. Ia suka mendengarkan lagu-lagu mereka saat sedang berjalan kaki.

Syari yang merasa introver di dunia nyata ini ternyata ekstrover di dunia menulis. Ketika diminta menulis tentang diri, ia langsung mengirimkan tulisan yang panjang dan lengkap. Saat ini, Syari sedang menulis cerita fiksi. Ia tengah mengerjakan proyek novel bersambung untuk anak dan remaja (semacam Harry Potter), yang belum selesai.

Sebagai penulis, Syari lebih banyak menulis novel dengan genre young adult, romance, dan fantasi. Namun, ia ingin dikenal sebagai penulis fiksi dengan genre young adult. Sementara, tema yang menarik untuk ditulis adalah tema fantasi tentang Harry Potter, Hello Kitty, grup boyband asal Jepang bernama &TEAM, dan semua tema fantasi.

Kegiatan Literasi Yeptirani Syari


Syari suka menulis, tetapi tidak suka menyunting tulisannya sendiri. Ia lebih baik menulis ulang dari awal daripada melakukan swasunting. Uniknya, ia suka menyunting naskah orang lain. Ia dikenal sebagai polisi EYD.

Syari menyukai waktu menulis pada malam hari. Saat malam, ide menulisnya mengalir seperti aliran Sungai Barito. Sayangnya, ia punya “polisi tidur” yang membatasi waktu menulis hanya sampai pukul sebelas malam. Selain di malam hari, ia sering menulis saat harus menunggu. Misalnya saat menunggu anak les, menunggu kereta tiba, saat di dalam kereta, dan lain-lain.

Syari biasa menulis pada platform Wattpad. Saat ini, ia mulai merambah ke Gramedia Writing Project (GWP), sebuah platform menulis di bawah naungan Kompas Gramedia Group. Naskah-naskah yang terpilih akan diterbitkan secara digital di Gramedia Digital. Ia juga memiliki blog—yang sedikit terlantar saat mulai menulis di Wattpad.

Syari merasa tantangan terbesar dalam menulis adalah dirinya sendiri. Sebagian orang thinking extrovert (TE)—dari tes sidik jarinya—yang artinya ia hanya bergerak bila ada motivasi dari luar (extrovert), ditambah pula ciri khas orang thinking adalah suka menunda. Kadang ia harus berjuang melawan mood yang sedang tidak bagus.

Untuk itu, ia butuh bantuan orang lain. Syari mendapatkan dukungan saat bergabung di komunitas menulis yang program tahunannya adalah menulis bersama (KarMa). Jika ia gagal tamat, akan dapat hukuman. Ia juga bergabung dalam Rumah Belajar Menulis (RBM) Komunitas IP Jakarta. Sejak tahun ini, ia bergabung di KLIP. Tempat yang bisa memaksanya menulis minimal 10 tulisan dalam 1 bulan.

Menulis dan Pencapaiannya


Sebagai seorang berlabel thinking, Syari tertantang mencapai prestasi yang lebih tinggi. Baginya menyelesaikan 10 tulisan sebulan adalah sebuah pencapaian yang membuat ia merasa puas. Kebutuhan akan tantangan ini yang membuat Syari bergabung di KLIP.

Selain kepuasan bisa menaklukkan tantangan. Syari juga sudah menulis 15 buku antologi, 2 novel tamat di platform daring, dan banyak cerpen daring. Sementara pencapaian terbesarnya tahun ini adalah terlibat dalam Project Passion Hexagon City di Bunda Produktif, yaitu Bumi BAKATUWA.

Tips Konsisten Menulis ala Syari


Tiap orang punya cara tersendiri untuk konsisten menulis. Ada sebagian yang  memaksakan diri menulis tiap hari dengan tema apa pun. Ada juga yang menunggu saat yang tepat atau ketika mood datang.

Syari membagikan tips konsisten menulis untuk orang yang punya tipe sepertinya, thinking. Namun, secara umum, bagi penulis pemula harus memulai dulu. Nulis aja dulu. Jangan pedulikan bentuknya, tata bahasanya, diksinya, dan lain-lain. Termasuk jangan pedulikan pembaca. Seiring berjalannya waktu, semakin konsisten akan semakin baik.

Berikut beberapa tips lainnya:
  1. Cari orang dengan minat yang sama atau bergabung komunitas dan gunakan perangkat yang dapat memaksa menulis.
  2. Pasang target berapa tulisan yang akan diselesaikan dalam sepekan atau sebulan.
  3. Tentukan apa hadiah atau hukuman bila target itu tidak tercapai tepat waktu. Namun ingat, jangan terlalu kejam pada diri sendiri. Bila sukses, beri hadiah buat diri sendiri, misal makan kue manis, jalan-jalan, atau nonton. Jika tidak tercapai target, hukum diri semisal mengurangi jatah nonton. Lupakan dulu oppa Korea, onii-san Jepang, dan gege Cina.
  4. Baca buku yang menginspirasi atau temukan penulis favorit

Buku favorit Syari sekaligus buku yang menginspirasi adalah serial fiksi fantasi Harry Potter. Buku ini menjadi sumber ide dan konektor imajinasinya yang terpecah-belah.Dari imajinasinya itu, ia bisa menulis cerita baru.

Selain buku favorit, Syari juga mempunyai penulis idola. Banyak sekali penulis yang menjadi panutannya. Namun, saat ini ia sedang mengagumi penulis Indonesia yang juga temannya sendiri, Ayas Ayuningtyas. Seorang perempuan yang bekerja di ranah publik, tetapi sangat produktif. Ayas sudah banyak menulis buku solo.

Terakhir, Syari mengucapkan terima kasih pada KLIP, yang sudah memaksanya menulis selama 2024. Ia kembali bersemangat menulis setelah sempat kehilangan arah karena harus menyelesaikan tesis.

Kepada teman-teman KLIP, ia berpesan agar tetap terbebani untuk menulis minimal 10 tulisan dalam sebulan. Menyerahlah, jangan melawan. Aturan KLIP sudah seperti itu, jalani saja. Menulis saja. Kenali diri sendiri. Tentukan hadiah dan hukuman untuk target kita. Dan bersemangatlah mencapai hadiah dan menghindari hukuman.

Tulisan Yeptirani Syari bisa dibaca pada tautan berikut ini:

Wattpad: wattpad.com/user/penawarnaungu

Gramedia Writing Project (GWP): gwp.id/penawarnaungu

Blog: penawarnaungu.wordpress.com

Blog: https://yeptirani.wordpress.com